Memiliki 30 Juta Pelanggan Kini Apple Music Mulai Mengusik Spotify

Memiliki 30 Juta Pelanggan Kini Apple Music Mulai Mengusik Spotify

Gaptek Tekno – Aplikasi musik streaming milik Apple telah berhasil memiliki 30 juta pelanggan, itu berarti Apple Music berhasil mencapai setengah dari pelanggan Spotify.

Beberapa tahun belakangan ini Apple Music memang terus menampilkan pergerakan jumlah pelanggan yang signifikan. Apple Music sendiri diluncurkan pada Juni 2015 lalu, pada Januari 2016 Apple Music memiliki 10 juta pelanggan bulanan. Kemudian, pada Desember 2016, jumlah pelanggan Apple Music sudah menembus 20 juta.

Sedangkan pesaingnya yaitu Spotify kini menginjak usia ke 8 tahun, dan mereka mengumumkan bahwa pelanggan mereka telah mencapai 60 juta diseluruh dunia.

Pertumbuhan pelanggan Apple Music juga makin mendekati Spotify. Apple Music mencatatkan rata-rata 15 juta pelanggan tiap tahunnya, sedangkan Spotify menorehkan 20 juta pelanggan tiap tahunnya. Pertumbuhan ini mengacu dalam dua tahun terakhir ketika Apple Music mulai didirikan.

Popularitas dan persaingan yang tinggi diantara keduanya membuat mereka terhitung menyumbang, sampai saat ini, sebesar 62% dari pendapatan di industri musik pada 2018.