Setiap Anda membuat sebuah akun di layanan digital maka Anda diminta untuk membuat kata kunci atau password. Terlalu banyak layanan digital yang digunakan membuat Anda malas membuat password.

Akhirnya ketimbang membuat password yang unik sehingga tidak mungkin diketahui justru Anda membuat password yang mudah diingat. Tanpa disadari password yang mudah diingat tersebut rupanya juga mudah diketahui oleh orang lain.

Dari hasil penelitian SplashData yang dikutip Mirror UK, mereka berhasil membuat daftar password terburuk di tahun 2017 yang pernah digunakan. Hasil ini merupakan rangkuman dari 5 juta password yang dibobol atau dibocorkan oleh hacker sepanjang 2017.

Pada posisi pertama password terburuk atau bisa dibilang terpopuler adalah ‘123456’. Sejak tahun 2016 kombinasi password ini diketahui paling banyak dipergunakan. Tidak mengherankan karena deretan karakter tersebut paling mudah terlihat di keyboard.

Menurut SPlashData jika kombinasi password tersebut sudah digunakan biasanya pengguna akan menggunakan kombinasi lain, misalnya mengacak angka dan menambahkan atau mengurangi angka. Misalnya 123123, 12345, 1234567, dan lain-lain. Kombinasi ini mendominasi daftar 25 password terburuk menurut Data Splash.

Password yang tidak kalah populer dan buruknya adalah penggunaan akata itu sendiri. Pada posisi kedua sejak tahun lalu ‘password’ menjadi yang terburuk. Bahkan variasi dengan tambahan angka dari password tersebut juga mendominasi daftar password terburuk di 2017, misalnya Password atau password.

Menariknya dalam rangka menyambut kehadiran film terbaru dan legendaris Star Wars rupanya kata ‘starwars’ juga menjadi salah satu password terpopuler sekaligus terburuk di tahun 2017. Password ini berada di urutan ke 16.

SplashData juga menemukan jika 10 persen dari data yang mereka peroleh setidaknya menggunakan satu dari 25 daftar password terburuk di 2017 dan 3 persen menggunakan password berupa ‘123456’.

Hal ini memperlihatkan jika kita masih malas dan ceroboh dalam melindungi akun digital masing-masing.