Gaptek Tekno – Baterai adalah salah satu komponen ponsel yang paling penting dan paling sering bermasalah. Tingkat “kesehatan” baterai bisa terasa pada perubahan kecepatan charge, perubahan kecepatan berkurangnya daya dan dapat membuat samrtphone mu cepat panas. Kali ini Gapno akan berbagi tips cara agar charge smartphone dengan benar.

Cara Benar Charge Smartphone Agar Baterai Tetap Awet.

1. Lepaskan kabel charge jika batera smartphone sudah terisi penuh

Cara Benar Charge Smartphone Agar Baterai Tetap AwetJangan pernah membiarkan smartphonemu tercolok listrik saat terisi penuh, misalnya sepanjang semalam, karena hal tersebut tidak baik untuk baterai dalam jangka waktu panjang. Begitu smartphonemu sudah terisi penuh harap cabut kabel charge dari smartphone agar baterai smartphone tidak rusak. Karena jika membiarkan begitu saja maka bahan kimia yang terdapat dalam baterai smartphone akan cepat rusak dan mungkin saat nanti kamu men-charge kembali akan terasa lama mengisi hingga baterai penuh.

 

2. Usahakan agar tidak men-charge smartphone hingga 100%
Cara Benar Charge Smartphone Agar Baterai Tetap AwetAgar baterai lebih awet maka kamu hanya perlu men-charge smartphone hingga terisi diatas 80% dan jangan biarkan baterai terisi hingga penuh 100%. Menurut penelitian bahwa baterai bertipe Li-ion akan lebih awet jika tidak terisi penuh.

 

3. Dalam sehari usahakan kamu men-charge smarphonemu sesering mungkinCara Benar Charge Smartphone Agar Baterai Tetap Awet

Baterai smartphone akan lebih baik jika kamu men-chargenya sesering mungkin dalam sehari, dibanding kamu membiarkan smartphone kamu ter-charge sangat lama.

Menurut penelitian, jika kamu sudah kehilangan 10% baterai harap segera men-chargenya kembali. Tidak masalah jika kamu harus menyambung dan mencabut smartphonemu beberapa kali dalam sehari. Hal ini akan membuat baterai smartphonemu bekerja secara optimal dan akan tahan lebih lama.

 

4. Lepas pelindung hardcase atau softcase saat melakukan charging
Cara Benar Charge Smartphone Agar Baterai Tetap Awet
Saat melakukan charge cobalah untuk melepas hardcase atau softcase pada smartphone agar baterai smartphone kamu tidak mengalami panas yang berlebihan saat di charge. Usahakan untuk menjaga suhu smartphone agar performa dari smartphone tidak berkurang.